Nokia Sediakan Download Musik Gratis Mulai 17 Oktober

Jika Sony Ericsson memiliki PlayNow Arena, maka Nokia juga memiliki layanan download musik gratis yang sama, yang dikenal dengan nama Comes with Music. Menurut Carphone Warehouse (CPW.L), sebuah perusahaan retailer menyatakan, model ponsel Nokia pertama dengan akses layanan musik gratis ini dijadwalkan akan hadir tanggal 17 Oktober di Inggris. Paket layanan Comes with Music dari Nokia ini diharapkan dapat membantu industri musik untuk meningkatkan jatuhnya penjualan CD.

Paket layanan musik gratis dari Nokia ini berbeda dari yang ada di pasaran, terutama iTunes store milik Apple. User dapat memiliki semua musik yang telah didownload selama periode berlangganan 12 bulan. Nokia juga telah menjalin kerja sama dengan tiga label musik top, Universal, Sony BMG dan warner Music Group, untuk membantu menyediakan track lagu mereka ke dalam layanan musik Comes with Music ini.

Dengan memiliki tiga label terbesar, maka Nokia dapat membantu perusahaan musik yang lebih kecil dan memiliki kesempatan untuk mendominasi penjualan pay-per-track untuk musik digital. Namun, ternyata layanan ini tidak benar-benar gratis, karena menurut Strategy Analytics Nokia, setelah dilakukan survey, maka sekitar 84 persen responden mau membayar layanan ini.

Perjanjian Nokia dengan Carphone adalah untuk penjualan prabayar layanan Comes with Music, dan keduanya akan membuktikan bahwa layanan ini lebih bagus, seperti music store yang ditawarkan operator telecom dan membuat pendapatan tambahan dari layanan tersebut. Namun, kepala bisnis layanan ini, Niklas Savander, menyatakan bahwa pihaknya setuju saja dengan adanya akses musik gratis ini, untuk dijual ke operator telecom.

Savander mengatakan, untuk mengadakan kerja sama dengan operator lebih menguntungkan dibandingkan dengan pembuat ponsel, seperti layaknya operator akan mensubsidi telepon untuk mendukung permintaan klien, dan untuk itu, Nokia berharap dapat memperoleh subsidi kembali dalam satu bulan untuk mengganti biaya pembuatan layanan tersebut.

0 comments:

 

All about Phone and Gadget Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger