Palm Centro


Jika menginginkan sebuah PDA dengan harga ekonomis dan fasilitas yang memadahi, mungkin seri terbaru PDA dari Palm inilah jawabannya. Palm Centro termasuk membawa banyak fasilitas dan kemudahan dengan harga yang relatif murah di kelas PDA.

Perbedaan mencolok jika kita melihat Palm Centro dibandingkan dengan Palm PDA yang lain adalah dalam hal ukuran dan penampilan. Betapa tidak, jika dibandingkan dengan Palm Treo saja, pasti orang akan lebih memilih Palm Centro. Dalam hal kestabilan, seperti juga generasi sebelumnya, walaupun PDA ini tidak mengusung sistem operasi yang baru, namun untuk kestabilan tidak diragukan lagi.
Untuk kelas PDA, handphone ini memang tidak mempunyai fitur-fitur baru yang canggih, namun aplikasinya cukup lengkap untuk sebuah PDA. Centro banyak mengusung aplikasi yang seharusnya ada pada Treo 680. Namun begitu masing-masing mempunyai sasaran pasar yang berbeda, walaupun tidak menutup kemungkinan keduanya akan saling berebut pasar. Jika dibandingkan dengan Treo, Centro memiliki ukuran yang lebih kecil, ringan dan mempunyai sistem koneksi Internet secara langsung yang cepat. Untuk battery, dapat bertahan hingga kurang lebih dua hari pada pemakaian ringan karena untuk pemakaian Internet pasti akan lebih boros. Berikut merpakan spesifikasi Palm Centro:
  • Palm OS 5.4.9
  • 320 by 320 pixel touchscreen
  • 2.1 in by 4.2 in by 0.7 in
  • 4.2 oz
  • 128 MB ROM, 64 MB user accessible RAM
  • microSD card slot supporting 4 GB microSD (SDHC untested by reviewer)
  • Sprint EV-DO Rev. 0
  • Battery 1150 mAh battery yang dapat bertahan selama 3.5 jam waktu bicara
  • Kamera 1.3 megapixel dengan 2x digital zoom
  • Bluetooth 1.2
Hal lain yang menarik dari Palm Centro adalah paket aplikasi yang terinstall, seperti Documents to ‘Go 10 Professional Edition’, ‘Google Maps’, ‘Sprint Instant Messaging’, ‘Pocket Tunes Deluxe’, ‘Sprint TV’ dan ‘Astraware Suduko’. Paket ini sudah terinstall otomatis pada saat pembelian sebagai fitur telepon. Sebagai telepon, Palm Centro dilengkapi fitur standart handphone seperti pada Sprint Treo 755p ditambah kualitas speaker yang bening, walaupun pada volume maksimal. Sedangkan sebagai PDA, Palm Centro juga menawarkan banyak fitur. Dengan layar sentuhnya (touch screen) memungkinkan pengguna mengaksesnya menggunakan keyboard QWERTY maupun pen stylus. Seperti juga PDA yang lain, Centro juga dilengkapi dengan browser. Secara keseluruhan Blazer memang baik, namun kurang sepadan dengan layar Centro yang relative kecil. Selain itu dengan Centro, pengguna dapat mengubah tampilan emailnya baik dari account POP3 maupun IMAP sehingga dapat lebih mudah dibaca. Untuk kalender, kontak, memo dan aplikasi lainnya sama dengan yang terdapat pada seri Palm Treo. ‘Documents to Go 10’ juga akan membantu pengguna dalam mengerjakan file-file Microsoft Office. Selain itu juga terdapat aplikasi peta Google (Google Maps), Astraware Suduko, Sprint TV dan lain sebagainya. Selain itu Centro juga diperlengkapi dengan Pocket Tunes Deluxe dan MP3 Player. Untuk kapasitas musik yang lebih besar, masih bisa ditambahkan 4 GB microSD card.
Secara keseluruhan Palm Centro menawarkan banyak fitur yang kompetitif untuk PDA di kelasnya, karena fungsi fiturnya tergolong lengkap untuk PDA dengan harga menengah ke bawah seperti Centro. Walaupun mungkin system operasi yang digunakan tidaklah baru, namun Centro tetap menawarkan kecepatan akses Internet serta kelengkapan dan kenyamanan sebuah PDA di kelasnya.

Harga baru: Rp 3.500.000
Harga bekas: Rp 3.000.000
(harga sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan)

0 comments:

 

All about Phone and Gadget Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger